Cara Membuat Butter Cream yang Fluffy dan lembut


Butter Cream! Buat yang suka makan kue bohong kalo dia ga tau Butter cream. haha 😂.
Ini adalah resep pertama aku di video Youtube 22 Desember 2015. Jadi aku akan tulis Resep dari awal aku nge- Youtube. 

duhh seneng deh bisa nulis kaya gini. Haha, karena beda banget sama utube dan ig. Kaya lepas aja gitu mau ngomong apa aja. Oke lanjut ke Resep! (Butter Cream: BC)

Butter cream atau Frosting untuk cake ini banyak sekali cara membuatnya. Ada Simpel BC ini hanya menggunakan butter dan gula halus (ini yang paling sering banget di Jakarta pake), ada Meringue BC dari nama Meringue sendiri itu artinya kocokan putih telur. 

Meringue BC juga dibagi lagi menjadi 3 yaitu 
  • French Butter Cream. French menggunakan meringue lalu di tambah butter dan gula halus, yang artinya si putih telur itu mentah. Aku pribadi ga nyaranin bikin French di sini ya. Tapi kalo kamu mau bikin aku saranin gunain telur kampung aja yang aman buat dimakan mentah. 👍
  • Swiss Butter Cream. Swiss melakukan au bain Marie. Seperti ini
foto di ambil Patesserie.com. 
          Istilah lainnya juga ada Double Boil. Jadi kita siapin air rebusan, lalu diatasnya kita timpa                    dengan Mangkok kaca atau besi. Swiss Bc mem- au bain marie Putih telur dan gula pasir                    hingga gula pasir tersebut itu larut atau hingga 60'C. Lalu langsung di mixer dengan kecepatan            tinggi hingga kaku lalu tambahkan butter bertahap.
  • Italian BC. Nah ini resep yang akan aku share kali ini. BC ini aku jamin ga blenek dan fluffy uda beberapa loh dicookpad uda recook. hihi. nanti aku ksh beberapa hasil recooknya di paling bawah.
  • Oh ya! ada satu lagi niiih.. Sejak tahun 2017 ada yang baru yaitu Glossy Korean BC ini juga ada yang punya Hak Patennya loh, namanya Joo Hee Kang owner dari GGcakraft. Jadi mau di utube, atau pun baking class yang ngajarin kita itu metode bikin Glossy Korean BC itu ya dari Joo Hee Kang, dan mereka harus selalu memberi credits, alias tiap kali ngajar atau posting resep ini ya harus tag ke Joo Hee Kang karena dy adalah penemu metode ini. Daaan sebenernya uda ada yang request ke aku untuk bikin resep Glossy Korean BC di cookpad aku jadi soon akan aku bikin 😍😍😍 Komen ya dibawah kalian mau aku bikinin juga ga 😆..

Oke segitu dulu cerita tentang Butter Cream, kalo ada yang mau menambahkan bole bangett loh tulis di kolom komen. Sekarang kita menuju ke resep dan cara membuat Butter Cream! Oh ya ini link nya buat yang mau nonton. hehe masih kaku gayanya. Sekarang juga sih haha.. https://www.youtube.com/watch?v=CWwVPCVEYeY&t=110s

Bahan: 135gr Gula Pasir 80ml Air 135gr Putih Telur 470gr Butter (bukan margarine ya) Optional: Lemon Juice, Vanilla essence, etc .

Cara membuat:
1. Kocok Putih Telur dengan kecepatan rendah sekali. Disini aku pake stand mixer. Lalu kita tinggalin tapi masih didekat kita ya. haha


2. Masak gula dan air. Tuang gula pasir dulu ke pan, baru air masuk. Kita Masak sampe suhu nya 118'C. tapi aku ga punya thermometer. Jadi aku pake Garpu! atau bisa juga dengan Spuit yang ujungnya bulat.
Caranya kita celupin garpu/spuit, lalu kita tiup, kalo uda keluar bubble artinya udah sampe 118'C. lalu angkat.

3. Lalu balik ke Mixer, Naikkan kecepatan mixer jadi paling tinggi. Lalu jangan langsung tuang air gula kita ya. tunggu hingga bubblenya berkurang. Baru masukkan perlahan.

4. Kocok adonan hingga Putih dan tidak panas lagi bila kita pengang mixing bowl nya. Jangan lupa pinggirannya di scrub ya!

5. Setelah adonan Fluffy dan tidak panas sama sekali. Baru kita masukkan Butter bertahap. Masuk butter, kocok rata, masuk lagi butter, kocok rata, ulangi sampe abis. Oh ya ak punya tips biar BC kita ga mahal2 amat kita bs oplos dengan setengah butter dan setengah margarine.

6. Dan uda Jadi dehh Italian Meringue Butter cream Kita!!

7. Terakhir kita bisa bagi menjadi beberapa lalu kamu kasi essence yang kamu mau seperti, vanilla, strawberry atau mocca.


Kalo ada pertanyaan tulis aja dikomen box dibawah. 
Selamat mencoba!

Ake seneng banget kalo kalian coba resep ini dan jangan lupa untuk tag aku di ig feed kamu atau ig story kamu.
Thankyou yang uda Subscribe Channel aku dan follow ig aku. 😘😘😘

Comments

Popular Posts